Yuk, Pahami Lebih Dekat Tugas Marketing Executive sebuah Perusahaan!

tugas marketing executive

Marketing Executive menjadi pilihan karier paling populer bagi para pencari kerja. Secara umum, Marketing Executive adalah seseorang yang tugasnya memperkuat nilai jual suatu produk dari perusahaan kepada publik. Selain menjelaskan tentang jasa atau produk yang ditawarkan oleh perusahaan, tugas marketing executive lainnya adalah mengawasi langkah-langkah promosi dari produk atau tersebut.

Dapat dikatakan, bahwa seorang marketing executive  bekerja dengan baik jika telah mampu membuat jasa atau produk perusahaannya populer dan dikenal banyak orang. Tingkat keberhasilan marketing executive juga diukur dari meningkat apa tidaknya pendapatan dan penjualan produk perusahaan. Selain tugas utama tersebut, seorang marketing executive juga memiliki tugas dan peran penting lainnya bagi sebuah perusahaan. Lalu, apa saja tugas seorang marketing executive?

Kenali Serba Serbi Tugas Marketing Executive

tugas marketing executive
Posisi Marketing Executive

Kegiatan pemasaran bertujuan untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan para konsumen. Hal ini membuktikan bahwa marketing bukan hanya terfokus pada produk  atau jasa yang dihasilkan, melainkan lebih mengutamakan pada layanan konsumen. Marketing executive juga dapat dikatakan sebagai kunci utama dalam sebuah bisnis, sehingga memiliki tugas dan fungsi yang cukup kompleks. Semua Tugas seorang marketing executive tentu harus dijalankan dengan baik, sehingga bisa menciptakan keberhasilan bisnis. Berikut ini adalah serba-serbi tugas marketing executive:

1. Merencanakan Produk

Marketing executive bertugas untuk merencanakan jenis produk atau jasa apa yang akan dipasarkan oleh perusahaan. Bagian marketing biasanya mengamati keadaan pasar terlebih dahulu sebelum meluncurkan produk ke pasar. Tujuannya adalah untuk mengetahui perkembangan minat dan kebutuhan masyarakat pada suatu produk. Dengan begitu, maka produk yang diciptakan oleh perusahaan bisa laku di pasaran.

2. Menetapkan Harga 

Harga sebuah produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan juga ditentukan oleh bagian marketing executive. Sebelum produk atau jasa dipasarkan, bagian marketing harus mencari informasi kisaran harga yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Dalam menetapkan harga, pastikan harus mendekati atau sesuai dengan harga rata-rata jasa atau produk tersebut di pasaran.

3. Merencanakan Promosi

tugas marketing executive
Promosi Produk Perusahaan

Kegiatan promosi bertujuan untuk mengenalkan produk dan jasa perusahaan kepada masyarakat luas. Promosi bisa dilakukan dengan kegiatan publikasi atau pemberian bonus. Publikasi bisa melalui radio, televisi, radio, dan internet. Semua Konsumen tent sangat tertarik dengan penawaran bonus. Bonus dapat diberikan dalam bentuk souvenir, diskon, \ voucher, atau garansi. Pemberian bonus tentunya harus dibatasi waktunya, sehingga bisa menghindari kerugian bagi perusahaan.

4. Merencanakan Proses Distribusi

Seorang marketing executive juga harus merencanakan proses distribusi produk. Baik perencanaan media yang digunakan atau waktu untuk proses pendistribusian. Tentunya,  Produk harus bisa sampai tepat waktu di tangan konsumen. Jangan sampai Konsumen merasa kecewa karena produk yang mereka inginkan tidak sesuai karena terjadi masalah pada pendistribusian. Maka dari itu, bagian marketing harus mampu merencanakan distribusi produk dengan baik.

5. Melayani Konsumen

tugas marketing executive
Promosi Produk Perusahaan

Marketing executive bertugas untuk meningkatkan pelayanan kepada para konsumen. Bagian marketing harus bisa membuat perusahaan memiliki citra yang baik di hati konsumen. Oleh karena itu, marketing executive harus bisa menjaga hubungan baik dengan para konsumen, sehingga konsumen tetap memilih jasa atau produk perusahaannya.

Tugas marketing executive yang sangat banyak, menuntut mereka untuk selalu profesional dalam bekerja dan menjalankan tugasnya. Perlu diingat bahwa setiap tindakan dan strategi yang dilakukan oleh marketing executive harus sangat diperhatikan dan dipikirkan secara matang. Hal ini mengingat bahwa setiap keputusan dan tindakan yang diambil oleh bagian marketing executive akan sangat berdampak bagi kelangsungan hidup dan keadaan bisnis sebuah perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*