Memahami Struktur Organisasi Marketing Dalam Perusahaan

struktur organisasi marketing

Organisasi marketing merupakan kumpulan orang-orang yang saling bekerja sama serta saling berhubungan baik untuk mencapai suatu tujuan bersama. Dalam organisasi ini, ada suatu struktur yang menunjukkan bagaimana keterkaitan antar individu. Setiap individu dalam organisasi ini saling berinteraksi serta bekerjasama agar suatu tujuan bersama dapat tercapai dengan sempurna. Semakin besar sebuah organisasi, tentu akan semakin kompleks struktur kerja di dalam organisasi tersebut. Proses penyusunan struktur kerja pada organisasi ilmu marketing tentu disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut. Lalu, apa saja yang menyusun struktur organisasi marketing dan apa saja tugas dari masing-masing individu di dalamnya?

Daftar Struktur Organisasi Dalam Marketing

struktur organisasi marketing
Struktur Perusahaan

Memahami struktur organisasi dalam marketing menjadi hal yang terbilang susah susah gampang untuk dilakukan, karena memang struktur organisasi dalam ilmu marketing cukup kompleks. Setiap posisi dalam struktur tersebut memiliki peran penting yang saling berkaitan satu sama lain. Nah, berikut ini adalah beberapa posisi yang menempati struktur organisasi ilmu marketing:

1. Brand Manager

Tanggung jawab seorang brand manager adalah semua hal seputar omzet dan brand. Brand manager tidak menangani penjualan secara langsung, melainkan melalui sales people. Namun, brand manager akan langsung bertanggungjawab dan turun tangan jika terjadi penurunan revenue. Brand manager biasanya juga memegang anggaran komunikasi, baik disalurkan dalam bentuk diskon, iklan, event, dll. 

2. Community Manager

Tugas seorang community manager adalah membangun dan menjalin hubungan baik dengan customer. Khususnya jika customer tersebut dikelompokkan berdasarkan segmen masing-masing. Posisi community manager cukup dekat dengan customer, sehingga semua layanan atau produk apapun bisa langsung ditawarkan kepada para pelanggannya.

3. Area Manager

struktur organisasi marketing
Manager Area

Area manager memiliki lebih banyak peran dalam bidang sales dibandingkan pada bidang marketing. Pada umumnya, brand sebuah produk sudah dibangun secara masif dengan iklan di media massa. Jadi, area manager bisa langsung memetik omzet dari pasar sekaligus mencari solusi dan memecahkan masalah yang terjadi di lapangan. Beberapa masalah yang terjadi seperti stok barang kosong dan pendapatan toko tidak sesuai terget.

4. Project Manager

Tugas seorang project manager adalah menghandle semua project marketing. Tentunya, ada aktivitas dan kegiatan yang dilakukan oleh project manager, seperti membangun hubungan dengan para klien atau calon klien, mempersiapkan proposal tender, serta memastikan revenue stream untuk next project.

5. Market Analyst

struktur organisasi marketing
Bidang Analisis Pasar

Market analyst berperan menjadi support brand manager. Fungsi dan tugasnya adalah mengolah, menghimpun, serta melakukan analisis data dari market. Hasil pengolahan data tersebut kemudian dijadikan sebagai landasan bagi brand manager dalam mengambil keputusan berkaitan kelangsungan brand yang kelola. Apakah brand itu layak untuk diangkat menjadi lebih premium di pasaran. Atau hanya cukup menjadi second brand saja? 

Setiap posisi marketing tersebut mengemban tugas yang sangat penting demi kemajuan perusahaan. Tanpa adanya kerjasama yang baik antara satu posisi marketing dengan posisi yang lainnya, maka kegiatan marketing tidak bisa berjalan dengan lancar. Adanya kerjasama yang baik, tentu saja hasilnya berupa penjualan produk perusahaan yang semakin meningkat. Oleh karena itu, sangat wajib menjaga komunikasi dan hubungan baik pada setiap masing-masing divisi dalam organisasi marketing. Selain itu, divisi marketing juga harus bisa bekerja sama dengan baik bersama divisi lain dari perusahaan tersebut. Hal ini karena divisi marketing akan bisa berjalan dengan lancar apabila ada kerja sama yang baik dengan bidang lainnya, seperti bidang produksi.

Itulah beberapa posisi pada struktur organisasi marketing yang perlu anda ketahui. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda mengenai apa saja posisi pekerjaan yang ada di dalam bidan marketing ya!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*