Strategi Marketing Online Terbaik untuk Kebutuhan Promosi Bisnis

strategi marketing

Tidak dapat dipungkiri bahwa kehadiran internet berhasil mengubah sebagian besar cara kita dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Jika dulu kita lebih sering belanja langsung dengan datang ke toko, saat ini ada banyak online shop yang bisa menjadi tempat belanja. Bahkan, saat ini sebagian besar orang mulai beralih dari belanja ke toko menjadi belanja di online shop yang terpercaya. Mengingat semakin tingginya antusias masyarakat terhadap sistem belanja online, maka para pemilik bisnis online harus bisa menerapkan strategi marketing online yang tepat untuk meningkatkan penjualan atau penghasilannya. Lantas, apa saja strategi marketing yang wajib diterapkan dalam bisnis online?

Strategi Marketing Online Terbaik 

strategi marketing
Strategi Pemasaran Produk

Menerapkan strategi marketing yang terbaik tentunya bisa memberikan penghasilan yang semakin maksimal. Nah, berikut adalah beberapa cara strategi marketing yang dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis online:

1. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan sebuah strategi marketing dengan menggunakan media search engine. Strategi pemasaran online yang satu ini akan membuat iklan bisnis website Anda berada di posisi paling atas, sehingga kesempatan orang lain untuk melihat iklan bisnis Anda akan jauh lebih banyak. Namun, tentunya biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan seperti ini terbilang cukup besar, tergantung dengan kata kunci yang ingin Anda targetkan.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Dibandingkan dengan strategi SEM, SEO merupakan strategi marketing dengan biaya yang lebih terjangkau. SEO adalah teknik optimasi website yang memungkinkan website bisnis Anda muncul pada halaman pencarian atau search engine. Dengan begitu, maka website Anda akan semakin banyak mendapatkan pengunjung dan tentunya akan lebih banyak juga yang menginginkan produk bisnis Anda. 

3. Affiliate Marketing

strategi marketing
Strategi Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan strategi pemasaran yang saling menguntungkan. Mengapa? Hal ini karena nantinya Anda harus berbagi keuntungan penjualan dengan pebisnis lain yang ikut menjual produk Anda. Pada umumnya, seseorang akan menjalin kerjasama dengan pemilik bisnis menggunakan blog dalam melakukan pemasaran. Iklan yang dibuat dapat berupa artikel review atau banner. Ketika para pengunjung blog tertarik dan membeli produk yang Anda jual, makan hasil penjualannya dibagi dua dengan jumlah sesuai dengan kesepakatan yang dibuat pada awal perjanjian.

4. Social Media Marketing

Tidak perlu diragukan lagi bahwa sosial media mempunyai dampak yang sangat signifikan saat dipakai sebagai media pemasaran. Oleh karena itu, Anda harus menguasai teknik pemasaran menggunakan media sosial. Dengan menciptakan content marketing yang paling tepat untuk produk Anda, maka bisnis Anda akan semakin banyak mendapatkan konsumen. Tingkat penjualan dan pendapatan pun akan semakin meningkat

5. Marketplace dan E-commerce

strategi marketing
Marketplace dan E-commerce

Bergabung dengan e-commerce atau marketplace menjadi salah satu strategi bisnis online yang sudah tidak asing lagi. Memasang iklan produk di e-commerce atau marketplace merupakan strategi terbaik untuk membuat calon konsumen tidak takut berbelanja online di toko Anda. Hal ini mengingat bahwa saat ini ada banyak pihak tak bertanggung jawab yang sering melakukan penipuan dengan kedok bisnis online. Dengan menggunakan marketplace, maka proses pembayaran bisa lebih aman.

Itu dia 5 strategi marketing online terbaik  untuk bisnis online Anda. Hal yang paling penting dalam menjalankan kelima strategi di atas adalah menciptakan konten yang berkualitas dan menarik hati masyarakat. Ya, perlu diingat bahwa bisnis online yang paling sukses tentunya adalah bisnis online yang berkualitas. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*