Pengaruhi Segala Aspek, Pahami Tentang Loyalitas Pelanggan

Tujuan pelayanan prima merupakan salah satu bagian dari usaha untuk mendapatkan kepuasan pelanggan. Namun tidak sedikit perusahaan yang kemudian mengabaikan loyalitas untuk pelanggan dan lebih mengutamakan keuntungan usaha tanpa disertai upaya unyuk menyeimbangkan dengan loyalitas konsumen. Hal ini sangat berpengaruh dengan kesetiaan pelanggan terhadap perusahaan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan loyalitas konsumen yang harus Anda pahami sebagai pelaku usaha.

Pengertian Loyalitas Pelanggan

Dalam buku Kartajaya yang diterbitkan pada tahun 2007 mengatakan bahwa loyalitas adalah manifestasi dari kebutuhan fundamental dari manusia untuk memiliki, mendukung, mendapat rasa aman, dan juga membangun keterikatan serta menciptakan emosional.

Sedang kan menurut Sutisna, loyalitas sendiri adalah sikap menyenangi terhadap suatu merek yang telah dipresentasikan,  dalam pembelian yang konsisten terhadap merek tersebut sepanjang waktu.

Definisi lain mengatakan  bahwa loyalitas pelanggan adalah suatu komitmen dari pelanggan terhadap suatu merek atau toko atau pemasok dengan sikap positif dan tercermin dalam pembelian ulang sebagai suatu dasar yang konsisten.

Adapun pengertian Loyalitas konsumen menurut Gibson merupakan dorongan perilaku pembelian secara berulang-ulang, membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk atau jasa yang dapat dihasilkan oleh badan usaha tersebut. Hal ini tentunya membutuhkan waktu yang cukup lama serta melalui suatu proses pembelian yang berulang-ulang tersebut.

(Gambar Loyalitas pelanggan 1)

Adapun pelanggan dapat dikatakan setia atau loyal apabila pelanggan tersebut menunjukkan perilaku pembelian secara teratur, ataupun terdapat suatu kondisi dimana hal tersebut mewajibkan pelanggan membeli paling sedikit dua kali dalam selang waktu tertentu.

Di samping itu, upaya yang dilakukan untuk memberikan kepuasan bertujuan untuk mempengaruhi sikap dari pelanggan. Sedangkan, yang lebih berkaitan dengan perilaku dan sikap dari pelanggan adalah konsep loyalitas pelanggan.

Faktor Loyalitas dari Pelanggan

Adapun faktor yang menyebabkan adanya loyalitas dari pelanggan adalah sebagai berikut.

1. Satisfaction (kepuasan)

2. Emotional bonding (ikatan emosi)

3. Trust (kepercayaan)

4. Choice reduction and habit (kemudahan)

5. History with company (pengalaman dengan perusahaan)

Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen

Menurut Vanessa Gaffar loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh 5 faktor yaitu.

Mengapa Anda Perlu Mendapatkan Loyalitas Pelangganan?

– Kepuasan pelanggan yang merupakan pengukuran gap antara harapan pelanggan dengan kenyataan yang akan mereka terima atau yang dirasakan.

– Karena sebuah merek juga dapat mencerminkan karakteristik konsumen tersebut. Adapun ikatan yang tercipta dari sebuah merek adalah pada saat konsumen merasakan suatu ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang menggunakan produk atau jasa yang sama.

– Merupakan suatu kemauan seseorang untuk mempercayakan perusahaan atau sebuah merek untuk melakukan atau menjalankan sebuah fungsi.

– Konsumen akan merasa nyaman dengan sebuah kualitas produk dan merek disertai yang memberikan kemudahan. Bagian dari loyalitas pelangganseperti pembelian produk yang dilakukan secara teratur dapat pula didasari pada akumulasi pengalaman setiap saat.

– Suatu perilaku dapat terbentuk dengan akibat sebuah pengalaman seseorang dengan suatu perusahaan. Semakin baik, semakin banyak pengulangan perilaku yang sama pada perusahaan tersebut.

Pengaruh Kualitas  Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen

Seperti yang sudah dijelaskan pada faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen sebelumnya, periksa loyalitas konsumen dapat terbentuk akibat kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Sehingga dapat memberikan kepuasan dan kepercayaan dari pelanggan untuk kemudian menggunakan merek tersebut sebagai kesukaannya secara rutin. Dan hal ini sangat membantu dalam progres perkembangan, keuntungan dan nama baik perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*