Yuk Pahami Mengenai Marketing Mix Sebelum Berbisnis

Yuk Pahami Mengenai Marketing Mix Sebelum Berbisnis! Sebelum kamu membangun suatu bisnis, ada beberapa hal yang mesti kamu pahami, salah satunya adalah mengenai marketing. Marketing ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen, kemudian berkembang menjadi keinginan konsumen. Marketing pun dibagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah marketing mix.

Merupakan strategi dalam melakukan pemasaran sebuah produk yang menggabungkan beberapa elemen yang dibutuhkan demi kelancaran sebuah bisnis. Perkembangan bisnis setelah kemajuan teknologi memang sangat berkembang pesat. Tidak hanya orang dewasa saja yang membangun suatu bisnis, tetapi anak-anak muda pun sudah banyak yang ingin membangun suatu bisnis.

Kamu juga harus memahami beberapa hal dari marketing gabungan ini. Ada yang dinamakan dengan 4p yang harus kamu pahami di antaranya adalah Product (produk) merupakan barang atau jasa yang ditawarkan produsen ke konsumen. Lalu Price (harga) yaitu sejumlah uang yang diberikan konsumen kepada produsen untuk mendapatkan produk.

Kemudian terdapat Place (tempat) ialah saluran yang digunakan sebagai distributor atau saluran yang dapat digunakan untuk menyimpan produk agar sampai ke konsumen. Terakhir Promotion (promosi) yang merupakan cara untuk menyampaikan informasi mengenai produk dan yang bertujuan untuk membujuk agar konsumen tertarik membeli.

Selain marketing gabungan yang menggunakan 4p, kebanyakan para pengusaha juga memakai konsep 7p dalam melakukan kegiatan pemasaran. Ada beberapa kesamaan, tetapi juga memiliki perbedaan. Berikut ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai konsep 7p.

Product (Produk yang Dipasarkan)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa produk merupakan barang atau jasa yang dikeluarkan oleh produsen untuk memenuhi kebutuhan maupun keinginan konsumen. Dalam permbuatan atau memasarkan produk ini, kamu harus pintar dalam mengeluarkan inovasi terbaru dan masih belum ada perusahaan lain yang mengeluarkan. Tujuannya agar produk milikmu lebih mudah dikenal oleh konsumen.

Price (Harga Produk)

Ketika kamu berbisnis, kamu harus dapat menentukan harga yang sesuai untuk produk yang kamu keluarkan. Tidak hanya harga yang harus kamu perhatikan, juga sejumlah diskon yang akan kamu berikan untuk produkmu contohnya seberapa lama diskon yang berlaku.

Promotion (Promosi)

Seperti yang sudah dijelaskan di atas pula, promosi merupakan suatu cara agar produkmu bisa dikenal oleh banyak konsumen. Dalam berpromosi, kamu harus menjelaskan manfaat dari produk yang kamu miliki dan menemukan cara agar konsumen tertarik untuk membeli  produkmu.

Apa Marketing Mix Itu?

People (Orang-Orang yang Berhubungan Dengan Bisnismu)

People merupakan salah satu hal yang membedakan antara 4p dengan konsep 7p. Biasa disebut participant atau orang-orang yang merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kamu miliki selama menjalankan bisnis. SDM adalah hal yang penting saat kamu berbisnis, karena individu-individu  ini yang akan berhubungan langsung dengan bisnismu.

Place (Tempat)

Karena sudah dijelaskan di atas mengenai pengertian dari Place, kamu tinggal mencari tempat yang paling strategis untuk  memasarkan produkmu. Place ini bisa dibagi menjadi dua, secara offline maupun online. Untuk offline, seperti berdagang atau menjual produk di pinggir-pinggir jalan. Sedangkan untuk online, biasanya dipakai untuk orang-orang yang berbisnis di tahun-tahun ini. Yaitu agar bisa menduduki peringat satu dalam mesin pencarian.

Process (Proses Dalam Bisnis)

Dalam menjalankan bisnis kamu memang harus mengatur alur dari bisnis. Kamu akan merasa lebih lancar dalam mengembangkan bisnis jika sudah memilikinya. Alur ini seperti sebuah konsep bisnismu.

Pshysical Evidence (Bukti Fisik)

Yang dimaksud bukti fisik adalah kamu  harus mempersiapkan segala halnya secara nyata. Contohnya seperti produk yang kamu jual nyata, gedung atau kantor yang juga nyata. Kamu juga bisa membuat website untuk tambahan bukti nyata.

Itulah ulasan mengenai marketing mix juga konsep-konsepnya yaitu 4p dan 7p yang bisa kamu gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*