Pebisnis Mulai Menerapkan Integrated Marketing Communication, Apa itu IMC?

Pebisnis Mulai Menerapkan Integrated Marketing Communication, Apa itu IMC? Komunikasi pemasaran terpadu atau disebut dengan Integrated Marketing Communication. Pengertian IMC adalah konsep dari perencanaan komunikasi pemasaran yang memperkenalkan nilai tambah kepada konsumen.

Hal ini diutarakan dari rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai media komunikasi. Contohnya periklanan umum, respons langsung, sales promotion, dan PR. IMC juga mengkombinasikan media-media ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi, dan dampak komunikasi secara maksimal.

Sederhananya, IMC bisa diartikan sebagai proses dari pengelolaan customer relationship yang menggerakkan brand value atau nilai suatu produk. Jika diartikan lebih spesifik lagi, IMC adalah proses yang memiliki fungsi bersilang dalam menciptakan dan memelihara hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan atau customer dan stakeholder lainnya dengan mengontrol dan mempengaruhi secara strategis semua pesan yang dikirimkan kepada kelompok serta menggerakkan percakapan dengan maksud tertentu kepada mereka.

IMC bisa juga disebut sebagai salah satu dari sekian proses yang tersedia guna membangun hubungan dengan pelanggan atau customer. Perbedaan dasar Integrated Marketing Communication dengan proses customer centric lainnya terletak di komunikasi yang menjadi jantung setiap hubungan dan juga merupakan proses yang sirkuler.

Bisa ditarik kesimpulan bahwa konsep dasar dari IMC adalah komunikasi. Dengan komunikasi, IMC berusaha untuk memaksimalkan pesan positif dan meminimalkan pesan negatif dari suatu produk dengan sasaran menciptakan dan menyokong brand relationship. Untuk membangun sebuah hubungan berjangka panjang, IMC juga digunakan untuk membangun dan memperkuat produk.

Brand relationship yang bagus dan positif akan menghasilkan keuntungan dan meningkatkan nilai dari pemegang saham perusahaan tersebut. Para praktisi dan pakar pendidikan menggunakan banyak sekali istilah IMC, sayangnya tidak ada hal yang disetujui tentang apa sebenarnya IMC itu. Namun, ada dua ide pokok mengenai apa itu IMC atau Integrated Marketing Communication.

Komunikasi Pemasaran yang Bersifat One-Voice

Maksudnya, meskipun elemen komunikasi pemasaran yang digunakan berbeda-beda, beragam, bermacam-macam dalam menarik perhatian konsumen. Namun semua itu harus bisa dikoordinasi dengan cara yang tepat oleh berbagai organisasi dan agensi yang bekerja pada elemen-elemen yang beragam tersebut.

Komunikasi Berintegrasi

Komunikasi yang dilakukan bukan hanya bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau pencitraan produk yang baik saja, tetapi harus nampu menimbulkan hasil penjualan yang baik pula sebagai dampaknya.

Apa yang Perlu Anda Lakukan Untuk Menerapkan Integrated Marketing Communication?

Integrated Marketing Communication memiliki lima ciri utama menurut Terence A. Shimp (2003:24-29) yaitu :

Mempengaruhi Perilaku

Tujuan dari IMC adalah untuk mempengaruhi target pemasarannya. Itu berarti komunikasi pemasaran haru melajukan lebih dari sekadar mempengaruhi kesadaran merek atau memperbaiki perilaku konsumen terhdap merek tertentu. Kesuksesannya sendiri ditentukan dari usaha-usaha komunikasi yang mengarahkan peningkatan beberapa bentuk respons dari perilaku konsumen. Dengan kata lain untuk menggerakkan orang melakukan aksi atau tindakan.

Melakukan Satu atau Segala Cara untuk Berkontak

Integrated Marketing Communication menggunakan seluruh bentuk komunikasi dari seluruh kontak yang menghubungkan produk dengan pelanggan sebagai jalur penyampai pesan potensial. Ciri utama elemen ini ia merefleksikan kesediaan menggunakan bentuk kontak komunikasi apa pun asalnya baik untuk menjangkau masyarakat dan tidak menetapkan suatu media tertentu sebelumnya.

Berawal dari Pelanggan dan Calon Pelanggan

Prosesnya diawali dari pelanggan atau calon pelanggan kemudian berbalik ke komunikator produk untuk menentukan metode paling tepat dan efektif dalam mengembangkan program komunikasi persuasif.

Berusaha Menciptakan Sinergi

Dalam pengertian Integrated Marketing Communication membutuhkan sinergi atau kesinambungan, semua elemen komunikasi seperti iklan, dan lain-lain harus berbicara dengan satu suara. Koordinasi menjadi suatu hal amat penting untuk menghasilkan citra produk yang kuat dan utuh, sehingga mampu menciptakan konsumen untuk bertindak. Kegagalan dalam koordinasi ini mampu membuat semuanya sia-sia.

Menjalin Hubungan

Terakhir, karakteristik IMC adalah kepercayaan bahwa komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjalinnya hubungan antara produk dengan pelanggan.

Bisa dibilang pembinaan hubungan menjadi kunci dari pemasaran modern dan integrated marketing communication adalah kunci dari terjalinnya hubungan tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*