Mengenal Berbagai Skill Marketing Komunikasi yang Wajib Dimiliki

marketing komunikasi

Marketing communication atau sering disebut dengan marketing komunikasi adalah sebuah profesi atau pekerjaan yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Bahkan, bidang pekerjaan ini menjadi kunci dari income yang diperoleh perusahaan. Oleh karena itu, tidak heran jika profesi ini dianggap cukup bergengsi. 

Jika kamu ingin menempati posisi ini dalam sebuah perusahaan, tentu kamu harus mengenal apa saja tugas dan kewajiban yang harus dikerjakan oleh seorang marcom. Apakah benar-benar sesuai dengan passion kamu? Pastikan kamu benar-benar memiliki kemampuan di bidang ini karena seorang marketing communication merupakan posisi yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan. Jangan sampai kamu tidak memiliki kemampuan di posisi tersebut yang akhirnya memberikan efek negatif kepada perusahaan.

Inilah 5 Skill Utama Profesi Marketing Komunikasi 

Berikut ini adalah beberapa skill yang wajib dimiliki oleh seseorang jika memiliki bidang pekerjaan dalam bidang marketing, terlebih lagi dalam bidang komunikasi:

1. Melakukan Presentasi

marketing komunikasi
Presentasi dengan Baik

Pertama, seseorang yang bekerja di posisi marketing communication memang harus pandai dalam melakukan promosi produk-produk perusahaan. Promosi merupakan kegiatan yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Jika promosi dapat dilakukan dengan baik, maka akan semakin membantu perusahaan untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Oleh karena itu, seorang marketing communication harus memiliki skill presentasi yang tinggi, sehingga mereka bisa melakukan promosi produk perusahaan dengan baik dan mendatangkan banyak konsumen.

2. Melakukan Promosi di Media Sosial

Selain melakukan promosi secara langsung di depan calon konsumen, produk yang dijual juga harus dipromosikan melalui media lainnya. Beberapa media yang sangat potensial untuk mengiklankan produk adalah blog atau website, facebook, dan instagram. Karena kegiatan ini juga sangat berpengaruh terhadap income perusahaan, maka seorang marketing communication juga harus memiliki skill yang tinggi untuk mengiklankan sebuah produk di media sosial, baik berupa skill hard selling maupun skill soft selling.

3. Memasarkan Jasa atau Produk Secara Langsung Kepada Para Pelanggan

marketing komunikasi
Bertemu Pelanggan Secara Langsung

Marketing communication harus memiliki database para pelanggan. Database pelanggan ini sangat dibutuhkan untuk kembali menawarkan produk yang dijual oleh perusahaan. Profesi ini harus bisa menawarkan produk perusahaan dengan mengirim email kepada para pelanggan. Penawaran produk juga bisa dilakukan melalui telepon atau sms. Dengan strategi ini, diharapkan mampu meningkatkan income perusahaan setiap bulannya.

4. Memiliki Skill Negosiasi

Dalam dunia bisnis dan jual beli, kita tidak bisa menghindari proses negosiasi. Oleh karena itu, marketing communication haruslah memiliki kemampuan negosiasi dengan para calon pembeli. Jangan sampai kehabisan kata-kata untuk meyakinkan calon pembeli. Skill ini bisa dipelajari, biasanya perusahaan juga akan memberikan pelatihan kepada karyawan yang menempati posisi ini.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Semua Pihak

marketing komunikasi
Menjalin Hubungan Baik dengan Banyak Pihak

Seseorang yang memiliki bidang pekerjaan dalam marketing communication harus mampu menjaga hubungan baik dengan instansi lain maupun masyarakat. Meski sudah lama tidak mengadakan kerjasama, jangan sampai hubungan baik itu terputus begitu saja. Dengan menjalin hubungan baik bersama semua pihak, maka segala kegiatan bisnis perusahaan bisa berjalan lebih baik.

Itu dia beberapa tugas dan skill yang harus dimiliki jika kamu ingin bekerja menjadi marketing komunikasi dalam sebuah perusahaan. Apakah kamu sudah memiliki skill dan sesuai dengan kriteria tersebut? Kuncinya  dalam profesi tersebut hanya satu, yaitu kamu mau belajar dan selalu tidak merasa cepat puas dengan skill yang telah kamu miliki. Dengan begitu, maka semakin banyak ilmu baru yang akan kamu dapatkan dan bermanfaat untuk karirmu di masa depan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*