Pahami Strategi Marketing Hotel Terbaik

marketing hotel

Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang menawarkan jasa penginapan, makanan, minuman, dan beberapa jenis jasa lainnya. Hotel dikelola secara komersial dengan ketentuan harus memenuhi beberapa syarat-syarat tertentu. Pemasaran hotel tentunya sangat penting untuk dilakukan secara berkala, baik secara offline mau online. Mengingat bahwa saat ini kita berada pada zaman milenial, maka akan lebih baik jika strategi marketing hotel lebih fokus pada sistem online. Namun, tidak mengesampingkan pemasaran secara offline. Hal ini mengingat bahwa saat ini semakin banyak calon pelanggan yang melakukan survey hotel secara online melalui internet. Oleh karena itu, pemasaran secara online sangat perlu untuk ditingkatkan. Lalu, apa saja strategi untuk pemasaran hotel secara online agar bisa berhasil meningkatkan jumlah pelanggan?

5 Strategi Marketing Hotel Terbaik 

Pada zaman milenial ini, tentunya banyak sekali strategi pemasaran online yang bisa dicoba untuk meningkatkan penghasilan sebuah bisnis, termasuk dalam bisnis hotel atau tempat penginapan. Nah, berikut ini adalah 5 strategi yang bisa Anda tiru untuk meningkatkan jumlah pengunjung hotel Anda:

1. Bangun Website yang Kredibel

marketing hotel
Website sebagai Media Promosi

Melakukan sistem pemasaran via website menjadi hal utama yang wajib dilakukan. Membuat website bertujuan untuk membangun branding serta meningkatkan kemampuan bersaing dengan hotel lain. Bagi para pelaku SEO, keberadaan sebuah website bisnis merupakan sesuatu yang sangat penting dan dijadikan sebagai tombak peningkatan pemasaran. Semakin banyak jumlah visitor yang mengunjungi website hotel Anda setiap harinya, tentu semakin banyak jumlah peminat atau calon pelanggan yang akan memesan kamar di hotel Anda.

2. Daftar di Marketplace

Membangun kerjasama dengan berbagai marketplace yang terkenal merupakan salah satu strategi paling mudah untuk mendapatkan calon pelanggan. Tidak sulit untuk mendaftarkan hotel Anda di marketplace yang terpercaya. Dengan memasang iklan dan penawaran hotel di marketplace yang terpercaya, maka akan semakin banyak calon pelanggan yang melihat iklan hotel Anda. Pastikan Anda pasang iklan berupa gambar, informasi harga, fasilitas, dan deskripsi lainnya yang menarik. Dengan begitu, pelanggan hotel Anda pasti akan semakin banyak dan meningkat.

3. Promosi ke Media Berbayar 

marketing hotel
Promosi ke Media yang Berbayar

Media berbayar memang menawarkan dampak yang sangat signifikan dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Nah, beberapa jenis media berbayar yang bisa Anda coba adalah Google Ads, Youtube Ads, dan Instagram Ads.

 4. Berikan Giveaway

Untuk mempertahankan kesetiaan para pelanggan lama, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Nah, salah satunya adalah dengan  mengadakan promo, diskon, hadiah, atau giveaway untuk para pelanggan loyal. Sebaiknya, para pemilik bisnis hotel harus memiliki nomor pelanggan agar bisa menjalin komunikasi. Dengan begitu, maka pemberian potongan harga dan promo  kepada pelanggan bisa diinformasikan melalui nomor tersebut.

5. Berkolaborasi dengan Perusahaan Lain

marketing hotel
Kolaborasi dengan Banyak Perusahaan

Saat ini, semakin banyak hotel yang berkolaborasi dengan perusahaan lain dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Salah satu contoh perusahaan yang bisa diajak berkolaborasi adalah tour travel. Dengan menjalin kerjasama yang menguntungkan bersama perusahaan lain, maka hotel Anda bisa semakin ramai oleh pelanggan yang datang.

Demikian itulah 5 strategi marketing hotel yang siap membuat bisnis hotel Anda semakin berkembang dan mendapatkan penghasilan yang besar. Pemasaran hotel memang harus dilakukan secara terus-menerus, meski Anda sudah memiliki banyak pelanggan sebelumnya. Dengan menerapkan strategi di atas, maka bisnis hotel Anda akan semakin sukses dan selalu menjadi pilihan para pelanggan. 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*