Intip Besarnya Jumlah Gaji Marketing di Indonesia, Yuk!

gaji marketing

Bekerja di bidang pemasaran atau marketing memiliki tawaran gaji marketing yang cukup besar jika dibandingkan dengan berbagai sektor pekerjaan lainnya di indonesia. Belakangan ini, kita sering mendengar “marketing executive”, yaitu sebuah profesi pada bidang marketing atau pemasaran.

Walaupun sudah ada sejak dulu, namun belum terlalu menjamur seperti saat ini. Seiring berjalannya waktu, kita masuk pada era informasi dan teknologi modern. Hal ini tentu membuat dunia marketing mempunyai segmentasi yang sangat luas serta membutuhkan semakin banyak sumber daya manusia.

Lalu, apa saja fungsi dan tugas seorang marketer? Tugas seorang marketer pada umumnya hampir sama seperti profesi sales, yaitu menjual suatu produk. Namun, arti menjual dalam dunia marketing adalah mengenai bagaimana kita dapat meraih perhatian para konsumen, sehingga konsumen mau untuk membeli produk yang kita jual.

Selain itu, marketing juga berkaitan dengan bagaimana membuat konsumen menjadi loyal terhadap kita. Jadi, dapat dikatakan bahwa marketing berperan sebagai otaknya, sementara sales sebagai pelaksana penjualan produk atau jasa dalam dunia bisnis. Lalu, berapa gaji marketing yang bisa diperoleh para pegawai yang bekerja di bagian marketing? 

Inilah Besarnya Gaji Marketing Di Indonesia

gaji marketing
Bagian Marketing Perusahaan

Gaji untuk seorang marketing executive fresh graduate  adalah rata-rata mulai dari Rp.2.500.000 – Rp.5.000.000. Tentunya, gaji yang diberikan tergantung dari wilayahnya dan juga jenis perusahaan tempatnya bekerja. Beberapa perusahaan bonafit memberikan gaji marketing executive yang cukup tinggi, yaitu bisa mencapai Rp.6.000.000/bulan. Sementara itu, pegawai yang sudah level supervisor akan mendapatkan gaji berkisar Rp.6.500.000 – Rp.8.000.000. Nah, untuk pegawai dengan jabatan  tinggi seperti manajer tentunya akan mendapatkan gaji dapat yang cukup besar, yaitu mencapai Rp.12.000.000. Bahkan, bisa lebih besar dari angka tersebut.

Selain akan mendapatkan gaji pokok, pegawai yang bekerja di bagian pemasaran juga akan mendapatkan benefit lain yang sangat menggiurkan. Ya, bagian marketing memang biasanya akan mendapatkan komisi yang besarnya cukup menggiurkan. Perusahaan rata-rata akan memberikan komisi 1-5% dari seluruh total penjualan yang berhasil dilakukan oleh bagian pemasaran. Nah, bayangkan saja jika anda bisa menjual produk yang memberikan keuntungan ratusan juta setiap bulannya. Tentu komisi yang anda dapatkan sangat lumayan bukan?

Selain akan mendapatkan komisi tambahan, bagian marketing juga bisa mendapatkan bonus dari setiap pencapaian target yang ditetapkan oleh perusahaan. Belum lagi ditambah dengan berbagai tunjangan lainnya saat anda bekerja di lapangan untuk menemui konsumen. Dengan besarnya penawaran gaji dan tunjangan yang diberikan kepada bagian pemasaran, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba mengembangkan skill menjadi seorang marketer.

Hal yang Harus Dikuasai Pekerja Bidang Marketing

gaji marketing
Skill Menjadi Hal yang Utama

Jika anda benar-benar ingin menjadi seorang eksekutif dalam bidang pemasaran, maka tentu anda wajib menguasai berbagai strategi pemasaran dan penjualan dari sebuah jasa atau produk. Hal ini sangat penting karena output dari seorang eksekutif marketing adalah meningkatnya penjualan jasa atau produk dari sebuah perusahaan tempatnya bekerja. Tidak hanya itu, anda juga harus lebih paham mengenai dunia perdagangan dengan cara berpikir kritis serta peka terhadap keadaan sosial di sekitar anda. Ya, lingkungan sekitar memang dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk merancang strategi pemasaran jasa atau produk yang diminati masyarakat.

Selain menguasai berbagai masalah pemasaran, seorang eksekutif marketing juga wajib memiliki kepribadian atau sikap baik. Kepribadian yang baik sangat diutamakan terutama saat berkomunikasi dengan konsumen, baik secara lisan atau tulisan. Hal ini memang sangat penting karena eksekutif marketing akan sering bertemu dengan banyak orang, bukan hanya dengan rekan kerja, melainkan juga bertemu dengan klien setiap harinya.

Profesi marketing memang penuh tantangan. Tetapi, gaji marketing yang cukup menjanjikan membuat pekerjaan ini tetap diminati oleh banyak orang. Bahkan, pekerjaan ini juga menawarkan kompensasi dan karir yang sangat cemerlang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*