Besarnya Bonus Dan Gaji Marketing Executive

gaji marketing executive

Sebagai salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan, marketing executive memiliki tanggung jawab dalam hal  penjualan produk. Baik buruknya kinerja seorang marketing executive ditentukan dari banyaknya produk yang berhasil dijual selama periode waktu tertentu, satu bulan misalnya. Pada periode yang telah ditentukan, seorang marketing executive harus dapat menghasilkan profit dengan jumlah sesuai target yang diberikan perusahaan. Karena itulah besarnya gaji marketing executive juga terbilang kompetitif sesuai dengan tugas yang telah dilakukan. 

Sebagai bentuk kompensasi atas kerja keras, kontribusi, dan tanggung jawabnya, maka hampir setiap perusahaan pasti akan memberikan bonus dan komisi di samping memberikan gaji pokok. Gaji dan bonus penjualan marketing ini diberikan karena mereka termasuk karyawan perusahaan, baik statusnya kontrak atau pun sudah karyawan tetap. Sementara insentif, bonus, dan komisi diberikan sebagai imbalan kepada marketing executive saat mereka bisa memenuhi target atau persyaratan tertentu.

Gaji Marketing Executive yang Menggiurkan

gaji marketing executive
Marketing Executive

Selain menerima gaji pokok setiap bulannya, seorang marketing executive juga akan menerima tunjangan lainnya, seperti insentif, bonus, dan komisi. Meski sama-sama merupakan jenis penghasilan tambahan yang bisa diterima oleh marketing executive, namun ketiganya memiliki perbedaan dalam hal penerapannya.

Insentif merupakan jenis kompensasi yang diberikan kepada marketing executive dengan model bertingkat. Artinya, terdapat tingkatan di mana setiap tingkatnya memiliki jumlah nominal yang berbeda. Semakin tinggi tingkatan, maka semakin tinggi juga nilai nominalnya.

Insentif diberikan kepada semua bagian marketing secara fair. Oleh karena itu,  setiap area diberikan target dengan beban yang berbeda tergantung pada potensi area tersebut.

Area basah akan diberikan target yang lebih besar dibandingkan dengan area kering. Dengan begitu, maka diharapkan tidak terjadi beda nominal atau gap incentive yang nantinya bisa menimbulkan rasa tidak adil dan kecemburuan bagi karyawan yang bekerja di bidang marketing.

Komisi merupakan jenis kompensasi yang diberikan berdasarkan perhitungan presentase tertentu terhadap pencapaian penjualan yang berhasil dilakukan oleh marketing team. Pemberian komisi biasanya menggunakan sistem batas bawah. Artinya, komisi baru dapat diberikan kepada karyawan marketing apabila target penjualan sudah melewati batas bawah. Batas bawah sendiri merupakan target minimal yang harus dicapai dan dibebankan kepada karyawan marketing. Sementara itu, komisi tidak mengenal batas atas, sehingga jumlah kompensasi yang bisa diterima oleh marketing team biasanya tidak terbatas.

Bonus Penjualan untuk Executive Marketing 

gaji marketing executive
Bonus Penjualan

Bonus biasanya diberikan kepada marketing team jika mereka bisa memenuhi syarat-syarat tertentu yang ditetapkan oleh perusahaan. Salah satu contohnya adalah pemberian bonus kepada marketing team jika mereka mampu mencapai target selama beberapa periode secara berturut-turut. Bonus biasanya juga diberikan setelah marketing team menyelesaikan project tertentu, yaitu sebuah project yang terkadang bukan inti dari bisnis perusahaan, namun bisa mendukung bisnis perusahaan tersebut. Setelah project-project khusus itu selesai, maka marketing team akan langsung mendapatkan bonus dengan jumlah yang terbilang cukup besar.

Pemberian komisi, bonus, dan insentif kepada marketing executive tentunya bisa membuat penghasilan profesi ini semakin besar. Maka dari itu, tidak heran jika profesi ini menjadi salah satu bagian yang paling diincar oleh para pencari kerja. Namun, perlu diingat bahwa tugas seorang marketing executive tidaklah mudah. 

Bekerja di bagian marketing artinya harus kuat dan mampu bekerja keras untuk mencapai target yang telah dibebankan. Setiap target yang diberikan harus bisa dicapai dengan perjuangan dan kerja keras. Tanpa adanya motivasi dan semangat yang tinggi, maka sangat sulit bagi marketing executive untuk bisa mencapai target yang ditetapkan oleh perusahaan.

Itulah informasi mengenai gaji marketing executive yang cukup menggiurkan, ditambah dengan tunjangan lainnya. Bagaimana apakah tertarik untuk menjadi executive di bidang marketing?

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*