Ini Lho Ciri-Ciri Iklan Kreatif Indonesia

Agar sebuah produk bisa dikenal banyak orang sehingga laku di pasaran, maka harus ada yang namanya pemasaran atau marketing. Banyak sekali jenis-jenis pemasaran yang bisa dilakukan seorang produsen untuk membuat produk yang mereka hasilkan bisa habis terjual agar tidak mengalami kerugian. Salah satu caranya adalah dengan membuat iklan kreatif Indonesia.

Kenapa harus kreatif? Tentu saja agar bisa menarik banyak peminat. Apabila iklan yang kamu tampilkan hanya biasa saja dan tidak kreatif, maka akan terasa membosankan untuk dilihat. Jika banyak orang yang tidak suka melihat iklanmu, produk yang kamu hasilkan akan sulit untuk terjual. Nah, untuk kamu yang belum mengetahui, ada beberapa jenis iklan berdasarkan media yang digunakan sebagai pilihan jenis mana yang akan kamu sukai. Berikut ini ulasannya, yuk disimak!

Media Cetak

Media cetak merupakan media yang seperti namanya, dibuat dengan cara dicetak baru kemudian dipublikasikan dengan hasil yang berbentuk cetak pula. Seperti majalah, koran, brosur, billboard. Salah satu contoh iklan Media cetak yang kreatif dan tentu saja unik berasal dari perusahaan motor ternama yaitu Honda. Dengan desain beberapa kubik yang membentuk seperti labirin hanya saja memiliki kepala truk, menunjukkan bahwa dengan memakai kendaraan bermobil akan membuat jalanan lebih macet, maka dari itu pembaca akan lebih untuk membeli kendaraan bermotor dibandingkan dengan mobil.

Untuk iklan kreatif Indonesia, terbagi menjadi beberapa jenis lagi. Di antaranya adalah iklan baris yang sering muncul pada koran. Iklan kolom yang sering memakai tulisan serta foto, seperti pada brosur. Iklan display, kurang lebih mirip dengan iklan kolom yang menyertakan tulisan dan foto, hanya saja lebih besar.

Apa yang Perlu Anda Kenali dalam Membuat Iklan Kreatif Indonesia?

Media Elektronik

Untuk iklan yang berjenis elektronik akan ditampilkan melalui media elektronik seperti televisi dan radio. Mungkin untuk radio sudah jarang ada yg menggunakan, tetapi bukan berarti tidak ada. Maka masih banyak pula perusahaan yang memakai jasa radio sebagai media untuk iklan. Sedangkan televisi, masih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakannya. Maka wajar saja jika perusahaan mengilklankan produk mereka ke perusahaan pertelevisian.

Salah satu contoh dari iklan kreatif Indonesia yang sangat menarik dan mampu membuat masyarakat Indonesia sulit untuk lupa ialah dari perusahaan rokok yang memakai tema lampu ajaib dan jin yang akan keluar untuk membuat tiga permintaan. Bahkan, iklan ini dibuat berseri, lho! Dengan konsep yang sama tetapi dengan isi yang berbeda. Ditambah lagi, yel-yel perusahaan rokok ini pun sudah dilupakan.

Untuk iklan radio, dibagi menjadi tiga antara lain Ad lib, yaitu iklan yang disiarkan langsung oleh penyiar radio dan berupa kata-kata saja. Spot, iklan ini memakai teknik perekaman sehingga bisa diedit terlebih dahulu dibandingkan dengan Ad lib yang harus secara langsung tanpa edit. Sponsor program, adalah pihak radio memberikan waktu bagi pihak yang menjadi sponsor untuk memasarkan produk yang mereka hasilkan.

Media Internet

Semakin bertambahnya waktu, teknologi semakin maju. Terbukti dengan sudah banyak perusahaan produsen yang memakai pemasaran melalui media internet secara online. Salah satu contoh iklan kreatif Indonesia dengan memakai media internet  adalah iklan dari sebuah perusahaan ojek online yang sangat sering muncul di internet seperti youtube. Yang kreatif adalah pengambilan karakter yang sangat gemuk, dan efek slow motion yang membuatnya terlihat lucu.

Itulah ulasan mengenai iklan kreatif Indonesia yang bisa kamu coba untuk membuatnya agar produk yang kamu keluarkan bisa masuk pasar Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat, dan semoga berhasil!

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*