Chief Marketing Officer Adalah? Cari Tahu Disini Yuk!

chief marketing officer adalah

Seorang chief marketing officer adalah salah satu kunci yang membuka kesuksesan brand produk sebuah perusahaan. Tidak peduli sehebat apapun sebuah produk, seorang CMO masih tetap harus menopang penjualan produk dengan rencana distribusi yang paling ampuh. Jika seorang CMO bisa menciptakan sebuah produk yang baru, namun belum menemukan cara yang paling efektif untuk penjualannya, berarti bisnis tersebut masih dianggap buruk, sekalipun produk yang dihasilkan sangat bagus.

Ya, tanggung jawab seorang chief marketing officer pada sebuah perusahaan memang cukup besar. Umumnya, seorang CMO bertanggung jawab untuk memimpin sebuah brand customer relation, management, sales management, public relation, marketing ethos, marketing communication, market research, distribution channel management, product development, hingga pricing. 

Lalu, Tugas Utama Seorang Chief Marketing Officer Adalah? 

Sama seperti berbagai posisi di suatu perusahaan posisi sebagai chief marketing officer juga memiliki tugasnya tersendiri. Berikut ini adalah 5 tugas utama dari chief marketing officer:

1. Merencanakan Market Placement dan Brand Image

chief marketing officer adalah
Membuat Rencana pada Produk

Brand image adalah sebuah kombinasi dari berbagai aspek. Presentasi serta pesan sebuah marketing sangat penting untuk membentuk brand perusahaan yang mudah diingat oleh masyarakat. Selain itu, penempatan pasar terhadap brand juga sangat berpengaruh untuk membangun persepsi konsumen terhadap brand tersebut.

Seorang CMO tentu harus pandai dalam memanipulasi gambaran ini, sehingga penentuan penempatan pasar bisa sesuai guna meningkatkan keuntungan yang nantinya didapatkan oleh perusahaan. Selain itu, CMO juga dituntut untuk dapat membangun sebuah brand produk baru yang sebelumnya belum pernah ada di pasaran serta bisa diterima dengan baik oleh konsumen..

2. Mengelola Financial Marketing

Seorang CMO juga bertanggung jawab untuk mengelola finansial marketing pada bisnis perusahaan. Pemasukan biaya tentu sangat dipengaruhi oleh bagian penjualan, sehingga selalu ada interaksi antara bagian penjualan dan pemasaran. Dengan adanya komunikasi yang baik mengenai financial, maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan bisa lebih efektif serta mampu memberikan profit yang  lebih signifikan.

Chief marketing officer juga mengembang tugas untuk membuat rencana pemasaran produk perusahaan serta merencanakan strategi apa  yang harus diterapkan agar bisa meningkatkan penjualan. Rencana itu kemudian diaplikasikan menjadi tindakan nyata bersama para anggota tim lainnya.

3. Perluasan

Dapat melihat dan memanfaatkan kesempatan merupakan hal penting yang wajib dimiliki oleh para CMO. Saat melihat ada kesempatan yang bagus, maka sudah menjadi tugas CMO untuk melakukan ekspansi terhadap kesempatan tersebut. Baik dengan cara mengembangkan produk baru atau pun menggunakan rencana strategi pemasaran yang lebih efektif.

4. Menciptakan Hubungan yang Baik dengan Pelanggan

Tugas lain seorang CMO adalah menemukan ide baru untuk meningkatkan hubungan yang baik antara pelanggan dengan perusahaan. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah membuat promosi dan iklan yang inovatif dan kreatif. Selain itu, CMO juga harus menciptakan metode baru agar proses pembelian atau pengiriman barang lebih mudah ke pelanggan.

5. Memahami Aturan Hukum

chief marketing officer adalah
Paham Perihal Hukum dalam Berbisnis

CMO tentunya memiliki kemungkinan yang besar untuk berurusan dengan hukum serta keuangan. Misalnya proses pengawasan pada pembuatan iklan. Saat pembuatan iklan, tentunya tidak boleh ada konten yang mengandung risiko buruk. Jangan sampai ada hal-hal yang dapat merusak citra perusahaan. Dengan memahami aturan dan risiko yang berlaku, maka CMO dapat ikut meminimalisir resiko negatif yang mungkin bisa terjadi. Selain itu, CMO juga bisa menciptakan lebih banyak keuntungan dengan cara memanfaatkan peraturan yang ada.

Nah, itulah informasi mengenai berbagai tugas chief marketing officer. Chief marketing officer adalah bagian yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Tanpa adanya kerja keras daripada CMO, tentunya produk dan brand sebuah perusahaan tidak bisa berkembang pesat. Jika para CMO mampu menjalankan semua tugasnya dengan baik, pastinya perusahaan akan semakin banyak mendapatkan keuntungan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*