Pentingnya Arti Marketing Dalam Dunia Bisnis

arti marketing

Selama ini ketika membahas atau membicarakan masalah perusahaan, kita tidak pernah terlepas dari istilah marketing sebagai salah satu pilar utama berjalannya bisnis yang ada dalam perusahaan tersebut. Tapi sebenarnya, apa arti marketing itu?

Marketing dapat dikatakan sebagai perpaduan antara berbagai aktivitas yang saling bersinergi, dimana tujuannya adalah untuk mengetahui apa saja kebutuhan pasar atau konsumen. Dapat dikatakan juga bahwa marketing menjadi penghubung antara konsumen dan produsen dalam suatu pasar. 

Arti marketing merupakan serangkaian proses yang dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan serta memasarkan produk kepada masyarakat dengan aneka cara, sehingga produk atau jasa tersebut bisa lebih diminati oleh banyak orang. Dalam hal ini, pengertian marketing bukan sebatas pada proses pemasaran saja, melainkan juga berkaitan dengan berbagai strategi yang digunakan serta bagaimana cara memberi kepuasan kepada para konsumen.

4 Konsep Arti Marketing yang Sangat Penting Bagi Perusahaan

arti marketing
Bagian Marketing Dalam Perusahaan

Marketing tentunya menjadi bagian yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Melalui kegiatan marketing, barang yang dihasilkan oleh produsen bisa sampai ke tangan konsumen. Strategi marketing tentunya harus jelas. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan oleh produsen bisa sampai ke konsumen secara tepat dan dalam waktu yang cepat. Menerapkan strategi yang tepat sangat perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya rasa kecewa dari konsumen. Secara garis besar, terdapat empat konsep dasar dari marketing. 4 konsep marketing tersebut di antaranya adalah:

1. Produksi

Produksi merupakan sebuah proses untuk mengubah suatu bahan baku menjadi bahan jadi guna meningkatkan nilai guna produk tersebut, dapat berupa barang atau jasa. Tim marketing dari suatu perusahaan biasanya terlebih dahulu melakukan riset agar bisa mengetahui jenis jasa atau produk apa yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat.

2. Produk

arti marketing
Marketing Selalu Berkaitan dengan Promosi Produk

Produk merupakan sebuah hasil dari proses produksi. Produk inilah yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen atau khalayak. Produk sendiri dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu jasa, barang, serta ide atau gagasan.

Setiap konsumen tentunya ingin mendapatkan produk yang paling berkualitas, unik, dan harganya terjangkau. Nah, menghasilkan produk dengan kualitas yang tinggi merupakan hal penting pada proses marketing. Tanpa menghasilkan produk yang berkualitas, maka proses marketing pun akan sangat sulit untuk dilakukan.

3. Pemasaran

Pemasaran merupakan segala aktivitas yang dilakukan oleh seseorang atau pun organisasi sebagai upaya untuk memenuhi permintaan konsumen atau pasar. Kegiatan pemasaran meliputi proses menciptakan sebuah produk bernilai jual tinggi, menentukan harga produk, melakukan promosi, memberikan pelayanan kepada pelanggan, dan kegiatan lainnya. Tujuan utama proses pemasaran adalah memenuhi berbagai kebutuhan pasar. Dapat diartikan bahwa kepuasan konsumen merupakan kunci yang sangat penting pada proses pemasaran.

4. Penjualan

Segala aktivitas produksi serta pemasaran, akhirnya bermuara pada terbentuknya angka penjualan suatu jasa atau produk. Semakin tinggi angka penjualan sebuah produk, maka tentunya keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan juga semakin besar.

Untuk meningkatkan proses penjualan produk, biasanya perusahaan memberikan nilai tambah kepada para konsumen. Misalnya saja, pemberian bonus kepada para konsumen jika mereka memberi barang dengan jumlah tertentu. Ya, kegiatan promosi dan marketing seperti ini memang pada akhirnya akan menambah angka penjualan bagi perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan tim marketing yang kreatif dan kompeten agar bisa meningkatkan angka penjualan perusahaan.

Tugas marketing memang cukup banyak, menuntut mereka agar selalu profesional dalam menjalankan setiap tugasnya. Marketing tentu bukan menjadi profesi yang bisa dijalani oleh sembarang orang.

Semua strategi serta tindakan yang dilakukan untuk kegiatan perusahaan harus diperhatikan dan dipikirkan secara matang. Hal ini karena setiap keputusan-keputusan yang diambil oleh bagian marketing akan sangat berdampak besar bagi keadaan bisnis perusahaan. Oleh karena itulah, arti marketing sangat penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*