Kenali Strategi 5P Marketing Untuk Kemajuan Perusahaan

5P marketing

5P marketing adalah sekumpulan taktik atau jurus pemasaran yang telah  diakui dapat memuaskan pelanggan di sasaran pasar. 5P bisa dikontrol tergantung kondisi lingkungan pemasaran eksternal dan internal bisnis Anda. Kombinasi 5 taktik pemasaran yang berbeda ini bertujuan untuk memenuhi keinginan serta kebutuhan pelanggan. Istilah 5P dapat diartikan sebagai kombinasi taktik marketing yang berbeda-beda untuk memenangkan dan meraih hati para klien yang menjadi target market Anda. Lalu, apa saja teknik 5P tersebut?

Teknik 5P Marketing yang Sangat Penting Dalam Dunia Bisnis

Terdapat beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan serta pendapatan perusahaan. Salah satunya adalah dengan menggunakan teknik 5P. Nah, berikut ini adalah teknik 5P marketing yang sangat penting untuk kelangsungan bisnis Anda:

1. Product (Produk)

5p marketing
Contoh Produk Usaha

Product mengacu pada barang atau jasa yang Anda jual. Dalam hal ini, termasuk keuntungan serta fitur apa saja yang bisa didapatkan oleh para klien saat membeli produk atau layanan Anda. Saat memasarkan sebuah produk, tentukan fitur kunci serta kelebihan dari produk tersebut yang dibutuhkan dan diinginkan oleh para klien. Anda bisa melakukan research and development untuk mengetahui perkembangan terbaru dari produk yang kini tengah ramai digunakan oleh masyarakat.

2. Price (Harga)

Price berkaitan dengan strategi penentuan harga produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan Anda. Penentuan  price harus tepat karena harga akan sangat mempengaruhi para klien Anda. Untuk menarik hati pelanggan dan dapat memenangkan kompetisi, maka Anda juga bisa mempertimbangkan pemberian diskon. 

Adanya penawaran diskon harga memang sangat penting untuk dilakukan, terutama jika Anda meluncurkan produk baru. Sebaiknya, harga dipasang secara realistis, jangan terlalu murah dan jangan pula terlalu mahal. Tentukanlah harga produk yang realistis dan berkompetisi di pasar.

3. Promotion (Promosi)

5p marketing
Promosi Produk

Kegiatan promosi tentunya bertujuan untuk menarik hati para klien agar mau menggunakan produk atau layanan perusahaan. Promotion bisa dilakukan dengan iklan, promosi, taktik penjualan, atau bisa dengan penjualan langsung. Kegiatan promosi bisa menjadi salah satu kunci kesuksesan penjualan produk di pasaran. Jika promosi yang dilakukan berhasil menarik perhatian masyarakat, tentunya penjualan produk juga akan semakin meningkat.

4. Place (Tempat)

Place berkaitan dengan dimana jasa atau produk perusahaan Anda akan dibuat, dilihat, dijual, serta didistribusikan. Akses konsumen menuju produk Anda merupakan kunci utama yang sangat penting untuk memastikan bahwa para konsumen bisa menemukan produk Anda dengan mudah. Jika perusahaan Anda sedang memulai bisnis baru, maka menemukan lokasi bisnis yang tepat merupakan kunci utama sebagai taktik marketing untuk kemajuan bisnis Anda.

5. People (Pekerja) 

5p marketing
Pekerja Perusahaan

People berhubungan dengan staf atau salesman yang bekerja pada perusahaan Anda. Menyediakan customer service yang berkompeten dan unggul, merupakan taktik Anda dalam membangun pengalaman positif bagi para klien. Sebagai balasan, klien yang telah merasakan keunggulan service Anda pastinya akan menyebarluaskan dan melakukan program referral bisnis Anda.

Ketika Anda mampu memberikan layanan yang sangat baik kepada para pelanggan, maka dapat dikatakan bahwa Anda telah berhasil menciptakan pengalaman positif bagi semua pelanggan. Pada gilirannya, para pelanggan akan menyebarkan berita kepada teman-teman atau keluarganya mengenai layanan terbaik yang Anda berikan. Dengan begitu, maka hal ini semakin lama akan mengantarkan bisnis Anda menuju kemenangan. 

Untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan, Anda harus merekrut orang-orang yang tepat, unggul, dan berkompeten. Pastikan Anda juga memberikan pelatihan kepada para karyawan, mengembangkan kemampuan mereka, serta mempertahankan staf yang kinerjanya tinggi. Dengan menerapkan teknik 5P marketing dengan baik, maka dapat dipastikan bisnis yang Anda bangun akan semakin maju menuju gerbang kesuksesan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*